Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN AGAMA MUARA SABAK

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA MUARA SABAK

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Kel. Rano, Kec. Muara Sabak Barat, Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur

email : pamuarasabak@yahoo.co.id , email delegasi : kepaniteraanpamuarasabak@gmail.com Telp (0740)7370123/Fax (0740) 73700080

Wakil Ketua Memberikan Materi di Bimtek Kemenag

Kampung Laut, Rabu 10 November 2021, Wakil Ketua PA Muara Sabak Dwi Husna Sari, S.H.I menjadi salah satu Narasumber pada Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan Kantor Urusan Agama di B-Cape yang terletak di Desa Majelis Hidayah Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

20211010kemenag1

Bimtek diikuti oleh Kepala, Penghulu dan Penyuluh pada Kantor Urusan Agama sewilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bimtek ini dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama H. Zainal Arifin, dalam sambutannya beliau meminta ke semua KUA se Tanjung Jabung Timur untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga KUA tidak hanya mengurus administrasi pernikahan namun juga urusan lain seperti wakaf. Beliau juga meminta Kepala KUA meninjaklanjuti isi MOU yang sudah ditandatangani oleh PBN dan Pengadilan Agama.

20211010kemenag2

Wakil Ketua PA Muara Sabak, Dwi Husna Sari, S.H.I. memberikan materi yang menjadi kewenangan dan Produk Hukum Pengadilan Agama menurut Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006 Pasal 47 Tentang Perkawainan, waris, wasiat, hibah, zakat, infaq, shadaqah dan ekonomi syariah dimana tugas Pengadilan Agama adalah memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara. Sedangkan pelayanan pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk, pelayanan bimbingan keluarga sakinah, bimbingan zakat dan wakaf merupakan tanggung jawab KUA, sehingga dengan memperbaiki layanan dan bimbingan diharapkan dapat meminimalisir kasus perkara di Pengadilan Agama.

20211010kemenag3

Lebih lanjut beliau menggaris bawahi tentang perkawinan yang juga menjadi konsentrasi bersama. Perceraian baik cerai talak/cerai gugat mengalami peningkatan di Pengadilan Agama Muara Sabak sampai awal November ini sudah masuk sebanyak 322 perkara. Selanjutnya beliau meyampaikan bahwa perkara Dipensasi Nikah (izin nikah yang diberikan kepada orang tua anak yang belum berusia 19 tahun) sangat meningkat mencapai 135 perkara. hal ini juga merupakan tanggung jawab Kantor Kementerian Agama melalui Seksi Bimas Islam untuk mengedukasi masyarakat guna menekan tingginya angka perceraian dan pernikahan dibawah umur.

20211010kemenag4

Sebelum mengakhiri materi moderator membuka sesi Tanya jawab untuk seluruh peserta bimtek, sesi ini disambut dengan antusias oleh para peserta bimtek dengan menyampaikan permasalahn-permasalahan yang dihadapi oleh para peserta dilapangan terutama tentang perkara dispensasi kawin.

Pada akhir penyampaianya, beliau menegaskan untuk menekan tingginya angka perceraian dan pernikahan dibawah umur dengan cara perlu adanya edukasi kepada masyarakat dari Kementerian Agama melalui Seksi Bimas Islam.


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas